Pengantar

Assalamu alaikum wr wb
Puji syukur kehadirat Allah, karena dengan berzakat tanpa disadari kita diberi kesempatan memproduksi berjuta –juta energy positif, organ terkecil dalam tubuh yang memberikan manfaat ke seluruh tubuh untuk menjaga agar fisik sehat karena senantiasa thawaf memuji sang pencipta.
Shalawat dan salam atas Rasulullah semoga di hari kiamat saat mengahadapi sulit hisab, perhitungan amal perbuatan manusia mendapatkan syafaat Rasulullah disebabkan karena berzakat dan shadaqah. Amin ya rabbal alamain.

Zakat adalah cermin, cermin sebagai bukti berbuat baik kepada sesama, cermin dari bukti sebagai orang yang dermawan, yang telah selesai melawan sifat kikir. Rasulullah telah mengajarkan cara terapi yang ampuh dari sifat kikir adalah dengan berzakat, mari tunaikan zakat melalui Baznas Kota Batam, lembaga yang telah diberi amanah oleh Allah melalui pemerintah untuk mengumpulkan, mendayagunakan dan mendistribukan zakat sesuai dengan syariat islam. Ada kemuliaan yang melekat bagi Amil zakat karena zakat yang dikelola oleh negara sudah dilakukan dizaman Rasulullah dan dilanjutkan oleh pemerintahan islam sesudahnya. Dalam sebuah hadits riwayat Ahmad disebutkan artinya “ Amil zakat yang benar-benar bekerja untuk keridhaan Allah, adalah sebagaimana orang yang berjuang di jalan Allah sampai kembali kepada keluarganya. Sekali lagi mari tunaikan zakat karena zakat adalah al-Burhan, bukti nyata berbuat kebajikan.
Wassalamu alaikum wr wb

Ketua Baznas Kota Batam

Muhith, M.Ag

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat Kota Batam. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

Dengan demikian, BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan: syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

Struktur Organisasi

Visi

Menjadi Badan Amil Zakat Nasional ( BAZNAZ ) Kota Batam yang Amanah, Transparan dan Profesional

Misi

  1. Meningkatkan kesadaran umat untuk berzakat melalui Badan amil Zakat
  2. Meningkatkan PENGHIMPUNAN dan PENDAYAGUNAAN zakkat sesuai dengan ketentuan syariah dan prinsip MENEJEMEN MODERN.
  3. Mewujudkan pengelola ( AMIL ) yang Amanah, Profesional, dan Kredibel.
  4. Mewujudkan PUSAT DATA ZAKAT tingkat Kota Batam.
  5. Memaksimalkan peran zakat dalam MENANGGULANGI KEMISKINAN melalui sinergi dan koordinasi dengan lembaga terkait.

Alamat Kantor BAZNAS Kota Batam

Komplek Graha Kadin Blok C No. 9, Jalan Engku Putri, Teluk Tering, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29432

Telp. 0778 477504

Total Page Visits: 260 - Today Page Visits: 1