FADHILAH HARI RABU

Sahabat muslim ternyata pada hari Rabu ini terdapat waktu yang istimewa.Hari Rabu, muslim dapat memanjatkan doa dan dzikir antara waktu dhuhur dan ashar.Dijelaskan dalam sebuah riwayat waktu hari Rabu adalah waktu mustajab dalam berdoa.

Hal itu dilandaskan pada sebuah riwayat hadist dari Jabir bin Abdillah,

أن النبي صلى الله عليه وسلم دعا في مسجد الفتح ثلاثا يوم الاثنين، ويوم الثلاثاء، ويوم الأربعاء، فاستُجيب له يوم الأربعاء بين الصلاتين فعُرِفَ البِشْرُ في وجهه، قال جابر: فلم ينزل بي أمر مهمٌّ غليظ إِلاّ توخَّيْتُ تلك الساعة فأدعو فيها فأعرف الإجابة

“Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam berdoa tiga kali di Masjid Al Fath, yaitu hari Senin, Selasa dan RabuKetika hari Rabu, doa beliau dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau.Jabir mengatakan, ‘Setiap kali ada perkara penting yang berat, maka saya memilih waktu ini untuk berdoa, dan saya mengetahui doa saya dikabulkan.

”Kedua, hari Rabu merupakan hari terbaik untuk memulai belajar dan mengajar. Ini berdasarkan hadis riwayat yang disebutkan oleh Syaikh Al-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim berikut;

مَا مِنْ شَيْءٍ بُدِئَ بِهِ يَوْمَ الْأَرْبِعَاءِ إِلَّا وَقَدْ تَمَّ.

Tiada pekerjaan yang dimulai pada hari Rabu kecuali pasti akan maksimal/sempurna.Sahabat dermawan khususnya yang ada di kota Batam, umumnya seluruh hamba Allah yang ada di muka bumi, mari berlomba dalam beribadah, apa lagi shadaqah, karena pada dasarnya kekayaannya si hamba hanya saja titpan Allah dan amanah Allah untuk di salurkan kepada hamba yang lemah.

Oleh : Ns.Bustamam,S.Kep.

Total Page Visits: 95 - Today Page Visits: 1