BAZNAS Berbagi di Belakang Padang

Program BAZNAS Berbagi di 12 Kecamatan se-Kota Batam secara secara resmi dilaksanakan ditandai dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Mustahik (orang yang berhak menerima zakat) oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, H. Jefridin, M.Pd. Acara yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 27 Oktober 2020 di Gedung Nasional Kecamatan Belakang Padang juga dihadiri oleh Kepala Kesbangpol, Riama Manurung SH yang antusias mengikuti acara sampai dengan selesai. Dalam sambutannya Jefridin mengulas tuntas tentang kebijakan pemerintah berkaitan dengan zakat serta pandemi Covid-19 yang terus meningkat di Kota Batam. Dengan gamblang Sekda yang pernah menjadi Plt Ketua BAZNAS Kota Batam mengulas tentang cara perhitungan zakat, yang wajib menunaikan zakat serta manfaatnya bagi masyarakat di Kota Batam. Jefridin juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjaga imun dan selalu meningkatkan keimanan agar pandemic Covid-19 segera berakhir khususnya di Kota Batam.

Sebelumnya, Pimpinan dan staf BAZNAS Kota Batam beserta tenaga medis Rumah Sehat BAZNAS (RSB) berjumlah 20 orang berangkat dari pelabuhan Sekupang pukul 08.00 Wib menuju pulau Belakang Padang. Setelah 20 menit berlayar, rombongan yang dipimpin oleh Ketua BAZNAS Kota Batam, Muhith, M.Ag akhirnya tiba di Pelabuhan, disambut Camat Belakang Padang, Yudi beserta tokoh masyarakat setempat. Dengan penuh semangat Wakil Ketua 2, Habib Soleh, M.Pd, Wakil Ketua 3, Dr. H. Aprizal Y, S.Kom,M.SI serta Wakil Ketua 4, Dra Aminah bersama staf berjalan kaki menuju Gedung Nasional yang sudah penuh dengan masyarakat.

Program BAZNAS Berbagi adalah sebuah kegiatan pendistribusian dan pendayagunaan yang dilaksanakan di 12 Kecamatan yang ada di Kota Batam. Program program tersebut antara lain Bedah Rumah, Pembagian Sembako Gratis, Santunan Nafkah Muallaf, Khitanan Gratis, Cek Kesehatan serta Bantuan Usaha yang akan diberikan kepada 1814 orang yang berhak menerimanya. Program ini bertujuan membantu masyarakat tidak mampu terutama yang terdampak oleh pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi penyebab utama meningkatnya angka kemiskinan. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Batam, mulai dari data penerima manfaat sampai dengan pendistribusiannya sehingga tepat sasaran. BAZNAS Berbagi dilaksanakan secara berturut turut di 12 Kecamatan mulai akhir Oktober sampai dengan November 2020.

Dalam sambutannya, Muhith, M.Ag menyampaikan BAZNAS Kota Batam mempunyai program program strategis yang bermanfaat bagi masyarakat. Program tersebut antara lain, Batam Cerdas, Batam Taqwa, Batam Peduli, Batam Sehat serta Batam Makmur. Klaster program selama Januari sampai September telah dilaksanakan dengan baik, sehingga akan terus dilanjutkan sampai dengan Desember nanti. Layanan tersebut dapat dilihat di web baznasbatam.org serta media sosial yang mudah diakses oleh siapa saja. BAZNAS bahkan telah memiliki aplikasi Baznas Batam yang dapat diunduh di google playstore untuk memudahkan Muzaki/Donatur untuk mendapatkan informasi terkini serta kemudahan berzakat.

Acara peluncuran program BAZNAS Berbagi diakhiri dengan kunjungan Sekda yang melihat langsung Khitanan Masal yang dipimpin dr. Ice. Selaku dokter di RSB, sebuah klinik tanpa kasir yang dikelola oleh BAZNAS Kota Batam. Mewakili Pemerintah Kota Batam, Jefridin memberikan apresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS Kota Batam yang telah hadir di tengah tengah masyarakat dengan berbagai program programnya seraya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak ragu menunaikan zakatnya kepada BAZNAS Kota Batam.

Total Page Visits: 166 - Today Page Visits: 1